Senin, 30 April 2012

murah tak berarti kalah


MURAH TAK BERARTI KALAH
Ahir tahun pelajaran merupakan bombastis kegelisahan siswa, khususnya siswa yang telah lulus sekolah menengah umum (SMU) yang notabennya adalah calon mahasiswa. Seleksi memilah perguruan tinggi pun mulai dilakukan oleh calon mahasiswa tersebut, terlihat ketika mereka antusias berdiskusi tentang pertguruan tinggi yang berkualitas, browsing di internet atau bahkan datang langsung ke suatu instansi perguruan tinggi.
Dewasa ini banyak kalangan masyarakat yang berpemikiran bahwa yang mahal yang berkualitas, dan yang bernama yang pantas, terbukti akan banyaknya sisiwa-siswi yang mendaftar diperguruan tinggi mahal dan berlebel seperti UI, UNPAD, TRISAKTI, UGM, UNDIP, UNNES dan lain sebagainya. Selain kualitas dan berlebel ajang bergengsipun menjadi tawaran menggiurkan bagi mereka kalangan menengah keatas, hingga tak ayal jika banyak yang mengatakan “lebih baik tidak dari pada yang murah”. Momok pemikiran jawa yang mengatakan “ono rego ono rupo” seolah menjadi pedoman kuat bagi mereka.
Terlebih ketika subuah instansi tenaga kerja lebih percaya terhadap alumnus perguruan tinggi berkualitas dan berlebel dalam kata lain adalah mahal ($), membuat calon mahasiswa rela melakukan segala cara demi diterimanya di perguruan tinggi tersebut.
Namun pada dasarnya bukan saja yang di cap $ (mahal) yang berkualitas atau yang diclame yang berlebel yang pantas, tapi perguruan tinggi murah pun juga tak kalah kualitasnya, perguruan tinggi tak berlebel pun juga patut diperhitungkan keberadaanya.
Kualitasnya pun tak kalah jauh dari perguruan tinggi yang berlebel $, bahkan bisa dikatakan seimbang, terbukti dengan prestasi-prestasi yang diraih oleh perguruan tinggi tak berlebel $. Dan tak sedikit alumnus-alumnusnya yang menjadi pemuka negara. Apalagi saat ini yang menentukan layak atau tidaknya seseorang bekerja disebuah instansi bukanlah kualitas kampus dan lebelnya melainkan kemampuan otak dan kecerdasannya. Jadi sungsang jika dikatakan yang berlebel $ yang berkualitas dan pantas, karena perguruan tinggi murahpun juga tak kalah bila dibanding dengan perguruan tinggi berlebekan $.

0 komentar:

Posting Komentar